Kamis, 13 September 2012

PENGGUGAT DAN TERGUGAT DALAM PERADILAN


1. Pengertian Penggugat
Penggugat adalah orang yang mengajukan tuntutan melalui pengadilan karena ada haknya yang diambil orang lain atau krena adanya permasalahan dengan pihak lain, yang dianggap merugikan dirinya.
Penggugat disebut juga dengan penuntut, pendakwa atau penuduh.
2. Pengertian Tergugat
Tergugat adalah orang yang dituntut mengembalikan keadilan berkaitan dengan hak-hak orang lain, atau dituntut untuk mempertanggungjawabkan kesalahan atas dakwaan pihak lain di pengadilan. Tergugat sering disebut juga dengan terdakwa, atau tertuduh.
3. Syarat-syarat Gugatan
a. Gugatan disampaikan secara tertulis yang ditujukan ke pengadilan dan di tandatangani oleh penggugat. Jika penggugat tidak bisa menulis, boleh mengajukan gugatan secara lisan kepada ketua pengadilan, yang nantinya akan dicatat oleh petugas pencatat.
b. Gugatan harus diuraikan dengan jelas dan rinci (tafshil), baik permasalahannya maupun alasan-alasan gugatan.
c. Tuntutan harus sesuai dengan kejadian perkara.
d. Memenuhi persyaratan khusus yang dibuat oleh pengadilan.
e. Pihat tergugat tertentu orangnya.
f. Penggugat dan tergugat sama-sama mukallaf, baligh dan berakal.
g. Penggugat dan tergugat tidak dalam keadaan berperang membela agama.


4. Cara Memeriksa Terdakwa dan Terdakwa yang Tidak Hadir di Persidangan.
Dalam pemeriksaan harus dihadirkan pihak-pihak yang berperkara. Untuk pendakwa dianggap tidak ada masalah hadir di persidangan, karena ia yang menuntut agar perkaranya dimejahijaukan. Sedangkan terdakwa juga harus hadir. Jika tidak, pengadialn tetap memanggilnya sampai batas tiga kali. Bila tidak hadir juga, maka hakim boleh memutuskan perkara atas orang ghaib ini. Putusan ini ( dalam bahasa peradilan) disebut dengan putusan verstek (tidak hadir atau in absentia), yakni putusan pengadilan tanpa kehadiran pihak terdakwa atau tertuduh. Imam Syafo’i dan Imam Ahmad bin Hambal membolehkan hakim memutuskan perkara dengan cara versterk ini.
Menurut Imam Abu Hanifah, Ibn Abi Laila, Syuraih, dan Umar bin Abdul Aziz tidak membolehkan putusan verstek ini. Alasan yang dikemukakan adalah mungkin saja ketidakhadiran terdakwa karena ada hujjah yang menyebabkannya tidak bisa hadir di persidangan. Akan tetapi jika ada wakilnya, persidangan bisa dilanjutkan atau dilangsungkan.
Cara emeriksa terdakwa :
· Hakim berusaha mendamaikan pihak-pihak yang berperkara
· Jika tidak dapat didamaikan, perkara itu diperiksa menurut ketentuan yang berlaku.
Beberapa kemungkinan dalam jalannya persidangan, yang apda akhirnya hakim memutuskan perkara :
a. Apabila terdakwa mengikrarkan (mengakui) tuduhan, maka hakim memutuskan perkara sesuai dengan pengakuan tersebut, dan pemeriksaan terdkawa dianggap tuntas.
b. Apabila terdakwa mengingkari tuduhan pendakwa, maka hakim meminta kepada pendakwa untuk menudatangkan bukti-bukti perkara.
c. Apabila bukti-bukti tidak cukup, sedangkan pendakwa tidak mampu membuktikan kebenaran gugatannya, lalu ia minta supaya pihak terdakwa disumpah, maka hakim harus meluluskan permintaannya, setelah itu hakim memutuskan perkara berdasarkan sumpah terdakwa.


D. BUKTI (BAYYINAH) DAN SUMPAH DALAM PERADILAN

1. Macam-macam Bukti
Suatu dakwaan dapat diterima dan dibenarkan apabila disertai dengan bukti yang lengkap.
Macam-macam bukti :
a. Saksi
b. Barang bukti
c. Pengakuan terdakwa
d. Sumpah
Sumpah ada dua macam :
1) Sumpah untuk berjanji melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu.
2) Sumpah untuk memberikan keterangan guna menguatkan bahwa sesuatu itu benar-benar demikian atau tidak.
e. Pengetahuan atau keyakinan hakim
Pengetahuan hakim yang ada relevansinya dengan pemeriksaan perkara merupakan satu bukti dalam penyelesaian perkara tersebut. Tapi pengetahuan dan keyakinan dari hakim ini hanya terbatas untuk menguatkan bukti yang lain. Juga tidak berlaku dalam perkara pidana.

2. Syarat-syarat Orang yang Bersumpah
Orang yang bersumpah dianggap sah sumpahnya apabila memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
a. Mukallaf
Yaitu baligh dan berakal.
b. Atas kehendak sendiri
Tidak ada paksaan dari pihak manapun.
c. Sengaja mengucapkan sumpah.
d. Harus dengan nama Allah.

3. Lafal-lafal Sumpah
Kata billaahi adalah salah satu sumpah yang diawali huruf qasam. Kata-kata qasam adalah : . Kata-kata qasam tersebut mengandung arti ”Demi Allah”.
Contoh lafal sumpah misalnya,”Demi Allah saya bersumpah bahwa saya tidak mencuri.” Boleh juga diakhiri dengan kata laknat Allah, seperti sumpah li’an suami: “Demi Allah, saya bersumpah, bahwa istri saya telah berzina dengan si fulan. Kalau saya berdusta saya bersedia dilaknat oleh Allah swt. Untuk selama-lamanya.”

4. Tujuan Sumpah dan Sumpah Tergugat
Sumpah yaitu suatu pernyataan yang khidmat, diucapkan pada waktu berjanji atau keterangan dengan nama Allah dengan menggunakan huruf qasam (sumpah).
Tujuan sumpah adalah memberikan keterangan guna meyakinkan bahwa sesuatu itu demikian atau tidak. Sumpah diucapkan oleh tergugat untuk menyangkal atau menolak gugatan yang ditunjukan kepadanya. Jika tergugat bersedia bersumpah, hakim dapat memutskan bahwa gugatan penggugat tidak benar.
Sumpah yang diucapkan tergugat bahwa semua gugatan penggugat itu tidak benar disebut yamin al-munkir (sumpah penolakan). Apabila bukti-bukti sangat lengkap dan meyakinkan, tetapi terdakwa masih menolak dan dikuatkan dengan sumpahnya, maka ketetapan hakim lebih didasarkan kepada bukti daripada sumpah. Sebab bukti-bukti baik berupa saksi atau barang bukti, lebih konkrit daripada sumpah, karena sumpah itu bersifat subyektif.


5. Pelanggaran Sumpah
Pelanggaran sumpah terjadi bila seseorang telah berikrar dengan menyebut nama Allah untuk mengerjakan atau meninggalkan sesuatu lalu tidak ditepatinya.
Adapun orang yang bersumpah untuk tidak mengerjakan sesuatu, lalu orang lain disruhnya untuk mengerjakan pekerjaan tersebut, maka tidak termasuk pelanggaran sumpah. Orang yang melanggar sumpah karena lupa, juga tidak termasuk melanggar sumpah.
Denda orang yang melanggar sumpah adalah memilih salah atu dari hal-hal sebagai berikut:
a. Memberi makan kepada 10 orang miskin dengan makanan pokok (3/4 liter beras) tiap orang.
b. Memberi pakaian 10 orang miskin, yaitu pakaian yang pantas untuk mereka.
c. Memerdekakan busak.
d. Mengerjakan puasa selama 3 hari.
Allah berfirman:

لاَ يُؤَاخِذُكُمُ اللّهُ بِاللَّغْوِ فِي أَيْمَانِكُمْ وَلَـكِن يُؤَاخِذُكُم بِمَا عَقَّدتُّمُ الأَيْمَانَ فَكَفَّارَتُهُ إِطْعَامُ عَشَرَةِ مَسَاكِينَ مِنْ أَوْسَطِ مَا تُطْعِمُونَ أَهْلِيكُمْ أَوْ كِسْوَتُهُمْ أَوْ تَحْرِيرُ رَقَبَةٍ فَمَن لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ ذَلِكَ كَفَّارَةُ أَيْمَانِكُمْ إِذَا حَلَفْتُمْ وَاحْفَظُواْ أَيْمَانَكُمْ كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
Artinya :
“Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang disengaja, maka kaffarat (melanggar) sumpah itu, ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. Barangsiapa tidak sanggup melakukan yang demikian, maka kaffaratnya puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kaffarat sumpah-sumpahmu bila kamu bersumpah (dan kamu langgar). Dan jagalah sumpahmu. Demikian Allah menerangkan kepadamu hukum-hukum-Nya agar kamu bersyukur (kepada-Nya).” (QS. Al-Maidah/5: 89)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar